Minggu, 02 Agustus 2009

Collesseum





Salah satu bangunan bersejarah di dunia ini adalah Collesseum. Apa sih sebenarnya collesseum itu? Mungkin anda pernah melihat bangunan berbentuk lingkaran yang sudah agak hancur di kota Roma. Nah, bangunan itu dulu digunakan sebagai tempat pertunjukkan. Bukan sembarang pertunjukkan, tapi unjuk kebolehan tahanan melawan binatang buas.


Colosseum berukuran cukup besar. Dengan tinggi 48 m, panjang 188 m, lebar 156 m dan luas seluruh bangunan sekitar 2.5 hektar membuat Colosseum terlihat begitu besar dan luas. Arenanya terbuat dari kayu berukuran 86 m x 54 m, dan tertutup oleh pasir. Bentuk elips atau bulat dari Colosseum gunanya untuk mencegah para pemain untuk kabur ke arah sudut dan mencegah para penonton untuk berada lebih dekat dengan pertunjukan.



Mengenai tahun pembuatannya sampai saat ini masih ada perbedaan keyakinan. Ada yang berpendapat bahwa Colosseum dibuat pada tahun 79 SM , ada juga yang berpendapat bahwa dibuat antara tahun 70-82 M .Tapi, kebanyakan arkeolog berpendapat bahwa Colosseum dibuat pada tahun 70-82 M. Asal nama Colosseum berasal dari sebuah patung setinggi 130 kaki atau 40 m yang bernama Colossus. Colosseum di set untuk menampung 50.000 orang penonton


Bangunan tersebut digunakan untuk menyimpan berbagai macam jenis binatang sampai pada tahun ke 524. Dua gempa bumi di tahun 442 dan 508 menyebabkan kerusakan yang parah pada bangunan tersebut. Di Abad pertengahan, Colosseum mengalami kerusakan yang sangat parah yang disebabkan oleh gempa bumi lagi yakni pada tahun 847 dan 1349 dan dijadikan sebagai benteng dan sebuah gereja juga didirikan disana.




Collesseum termasuk dari 7 keajaiban dunia dan masih mengundang decak kagum sampai sekarang karena strukturnya yang dianggap sebagai contoh stadion modern sekarang. Wahh...!!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar