Minggu, 23 Agustus 2009

Raditya Dika : Seorang Pelajar Bodoh




Apa yang pertama terpikir jika anda mendengar kata Kambing Jantan? Apakah sebuah kambing atau muka bego seseorang yang memakai kacamata bernama Raditya Dika? Jika Dika, berarti anda sudah terpengaruh buku kambing jantan yang sangat populer itu.

Raditya Dika memang sudah menciptakan buku yang fenomenal, walaupun disini fenomenal artinya sangat bodoh. Bermula dari kambing jantan, lalu berlanjut ke Cinta Brontosaurus, Radikus Makankakus, hingga Babi Ngesot. Semuanya tidak waras. Kalau tidak salah dia juga mau mengeluarkan buku kelima yang judulnya Marmut Merah Jambu.

Semua bukunya sendiri adalah kumpulan cerita dari blognya Raditya Dika. Blognya berisi pengalaman sehari-harinya Dika yang selalu diisi kebodohan. Ditambah gaya ceritanya yang lebai makin bikin kita ketawa ngakak.


Film kambing jantan juga sudah keluar di bulan Mei lalu. Tapi filmnya agak berbeda dari bukunya yang full komedi. Di film, ceritanya fokus pada percintaan Raditya "kambing" Dika sama Kebo, pacarnya (gak tau ini nama asli atau bukan). Jadi agak terkesan lebih ke drama romantis yang ada komedinya, atau gimana ada menyimpulkannya sendiri deh.


Lalu ada juga komik kambing jantan. Saya jujur secara pribadi suka banget ama komiknya ini. Gambarnya yang lebai abis ditambah ceritanya yang dilebih-lebihkan membuat komik ini menjadi sempurna untuk membuat anda gila instan. Gambarnya bukan dibikin Dika, tapi komikus muda Dio. Sekedar informasi, cerita di buku, film sama komik berbeda tapi saling melengkapi.


Jadi seperti kata-kata yang ada di buku Radikus Makankakus, Penulis Indonesia tak pernah segoblok ini.

1 komentar: