Senin, 31 Agustus 2009

Benarkah kita mendarat di bulan?


Umat manusia berbangga diri ketika Neil Amstrong dikatakan berhasil mendarat di bulan untuk prtama kalinya dalam sejarah. Tapi setelah agak lama, video yang memperlihatkan Neil Amstrong ketika di bulan mulai diragukan banyak pihak. Fakta yang mendukung keraguan ini cukup banyak. Berikut fakta-fakta yang mengatakan pendaratan di bulan itu hanya omong kosong :
1. Bendera Amerika berkibar, padahal jelas di sana tak ada angin

2. Langit gelap yang seharusnya penuh dengan bintang

3. Tidak memungkinkannya mengambil foto karena film akan meleleh pada suhu bulan
4. Jeleknya kualitas video sehingga tidak bisa diteliti lebih dalam
5. Foto yang diambil sangat terfokus dan sempurna, sedangkan kamera yang dipakai adalah kamera tanpa Viewfinders dan pengatur cahaya

6. Beberapa foto Apollo menunjukkan adanya sumber cahaya misterius yang diperkirakan sebagai spotlight studio

Tapi bukan hanya kritikan yang ada, tapi juga dukungan bahwa itu benar-benar terjadi. Antara taun 1969 sampai 1972, ada sekitar selusin astronot yang berjalan di bulan. Mereka bahkan membawa batu dari bulan seberat 382 kg. Menurut Dr. Marc Norman, ahli geologi, batu yang dibawa dari bulan ini unik dan hampir tak mungkin batu palsu yang diambil di bumi.

Dalam jurnal Knowledge, Martin Hendry masih mengemukakan sederet tangkisan terhadap argumen yang diajukan oleh penganut Teori Konspirasi, seperti tentang sudut bayangan dalam foto yang aneh. Lainnya lagi yang dijawab adalah mengapa tidak ada kawah ledakan di bawah modul Bulan (yang disebabkan oleh semburan roket modul pendarat); lalu juga mengapa sabuk radiasi Bumi tidak menyebabkan kematian pada astronot? Yang terakhir, mengapa tidak ada semburan bahan bakar yang tampak ketika modul pendarat lepas landas meninggalkan Bulan? Jawabannya karena modul Bulan menggunakan bahan bakar aerozine 50, campuran antara hidrazin dan dimethylhydrazine tidak simetri yang menghasilkan asap tidak berwarna, meski kalau ada warna sekalipun kemungkinan besar juga tak terlihat dengan latar belakang permukaan Bulan yang disinari Matahari.

Mana yang anda percaya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar