Rabu, 02 September 2009

Benua Antartika



Tempat terdingin di dunia adalah kutub selatan atau antartika antartika berasal dari kata yunani "antartikos" yang artinya benua yang meliputi kutub selatan bumi. Sebagian besar diliputi oleh es sepanjang tahun.

Dengan luas sebesar 13.200.000 km persegi, Antartika menjadi benua terbesar kelima setelah Eurasia, Afrika, Amerika Utara dan Amerika Selatan. Namun populasinya terkecil di antara yang lain, umumnya hanya didiami oleh peneliti atau ilmuwan beberapa waktu saja. Benua ini memiliki ketinggian tanah rata-rata tertinggi, kelembapan rata-rata terendah, dan suhu rata-rata terendah di antara semua benua. Antartika tidak termasuk dalam negara apapun.

Antartika baru ditemukan pada tahun 1820 dan pada 1911, Roald Amundsen dari Norwegia berhasil menjadi orang pertama yang mencapai kutub selatan. Ia lalu disusul oleh Robert Falcon dari Britania Raya.

Pada tahun 70-an, penerbangan ke Antartika cukup populer. Tapi sejak kecelakaan pesawat Air New Zealand penerbangan TE-901 yang menabrak Gunung Erebus pada tanggal 28 November 1978, penerbangan yang menikmati pemandangan Antartika dihentikan.

Suhu Antartika mencapai -90 derajat pada musi dingin dan 30 derajat lebih tinggi saat musim panas. Curah hujannya sangat kecil. Hampil seluruh benua diliputi es setebal rata-rata 2,5 kilometer. Hewan yang umum ditemui disini adalah penguin, anjing laut, singa laut dan paus.

Diperkirakan sekitar 1000 orang tinggal di Antartika. Emilio Marcos Palma tercatat sebagaiorang yang pertama lahir di Antartika pada tanggal 7 Januari 1978tapi bewarganegara Argentina. Di kutub, kita akan melihat fenomena alam yang menajubkan. Siang akan ada selama 6 bulan, dan sisa 6 bulan lagi hanya akan ada malam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar