Senin, 15 Juni 2009

Zinedine Zidane





Banyak yang mengatakan bahwa legenda sepakbola adalah Pele dan Maradona. Saya mempunyai satu idola lagi, yang saya bilang tidak kalah dari 2 orang itu. Dia adalah legenda Prancis, Zinedine Zidane. Saya akan sedikit berbicara tentang biografinya.


Zidane lahir pada 23 Juni 1972 di Marseille, Prancis. Zidane muda sudah bermain bola ketika dia bergabung dengan US Saint-Henry Club. Dia lalu pindah ke Septemes Sport Olympiques. Zidane lalu masuk klub sepakbola Cannes dan resmi jadi pemain profesional pada umur 16 tahun. Karena permainan Zidane yang dianggap sangat memikat, pada umur 17 dia bermain untuk pertama kalinya dan mencetak gol pertamanya pada 8 February 1991. Pada musim pertamanya, dia membawa Cannes lolos ke UEFA Cup.

Zidane lalu pindah ke Bordeaux pada umur 24, dia berjasa besar membawa Bordeaux lolos ke final piala UEFA tahun 1995-1996. Tapi, nama Zidane bersinar ketika dia membela Juventus. Dia membawa Juventus menjuarai Liga Italia, Piala Italia, Europe Super Cup, dan 2 kali fnalis Liga Champion. Dia lalu menjadi pemain termahal di dunia ketika dibeli Real Madrid. Zidane berjasa membawa Madrid juara liga champion 2001-2002 dengan mencetak gol indah di final melawan Bayer Leverkuesen.


Di Timnas, prestasi Zidane tak kalh cemerlang. Dia membawa Prancis juara Piala Dunia 1998 dan mencetak 2 gol di final meawan Brazil. Prancis juga juara di Piala Eropa 2000. Hasil itu membuat Zidane meraih 3 kali gelar pemain terbaik dunia.


Dia sempat pensiun dari Timnas seusai piala Eropa 2004, tapi melihat Prancis yang terseok seok di kualifiksi Piala Dunia 2006, Zidane memutuskan kembali dan berhasil membawa Prancis ke Final Piala Dunia melawan Italia. Tapi, disinilah akhir karier Zidane, Setelah sempat mencetak 1 gol, dia akhirnya keluar lebih cepat akibat menanduk Materazzi yang berakibat keluarnya kartu merah. Prancis akhirnya kalah adu penalti. Zidane masih sempat diberi gelar pemain terbaik Piala Dunia. Tapi dia memutuskan pensiun dari sepakbola.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar