Sabtu, 13 Juni 2009

Segitiga Bermuda




Salah satu misteri yang belum terpecahkan di dunia ini adalah misteri segitiga bermuda. Apakah itu segitiga bermuda? apakah sama seperti segitiga pengaman alias kolor. Tentu saja berbeda. Saya akan membahasnya sedikit sekarang.

Segitiga bermuda adalah wilayah lautan di samudra atlantik seluas 4 juta km persegi yang membentuk segitiga antara Bermuda, wilayah teritorial Britania Raya sebagai titik utara, Puerto Rico sebagai titik sebelah selatan dan Miami sebagai titik sebelah barat.

Sejarah ini dimulai dari masa Christoper Colombus. Ketika melintasi area segitiga bermuda, salah satu awak Colombus mengatakan melihat cahaya berkilauan di langit. Setelah yang lain mengamati, mereka merasa melihat meteor. Colombus mencatat bahwa selama melintas itu, alat navigasi mereka tidak berfungsi.


Berbagai peristiwa kehilangan di area tersebut pertama kali didokumentasikan pada tahun 1951 oleh E.V.W. Jones dari majalah Associated Press. Jones menulis artikel mengenai peristiwa kehilangan misterius yang menimpa kapal terbang dan laut di area tersebut dan menyebutnya ‘Segitiga Setan’. Hal tersebut diungkit kembali pada tahun berikutnya oleh Fate Magazine dengan artikel yang dibuat George X. Tahun 1964, Vincent Geddis menyebut area tersebut sebagai ‘Segitiga Bermuda yang mematikan’ , setelah istilah ‘Segitiga Bermuda’ menjadi istilah yang biasa disebut.


Banyak pendapat yang membahas tentang penyebab hilangnya pesawat atau kapal di tempat itu, salah satunya yang paling populer adalah teori adanya UFO. Ada juga yang berpendapat bahwa hilangnya di segitiga bermuda karena badai laut. Ini teori masuk akal karena badai laut dapat menelan apa pun yang lewat, tapi ada peristiwa hilangnya pesawat yang pada saat itu cuacanya normal.


Ada juga yang berpendapat bahwa adanya kelainan medan magnet. Teori ini muncul karena setiap lewat area itu, kompas selalu kacau dan alat navigasi tidak berfungsi. Tapi perlu diingat bahwa kompas mempunyai variasi magnetik alami terhadap kutub magnet. Artinya, utara kutub magnetis dan utara geografis belum tentu sama.

Misteri Segitiga Bermuda mungkin belum bisa diketahui dalam waktu dekat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar