Selasa, 09 Juni 2009

Air Terjun Niagara


Jika bicara air terjun, yang paling terkenal jelas air terjun Niagara. Air terjun ini bertepat di sungai Niagara di garis perbatasan nasional antara Amerika Serikat dan Kanada, berjarak sekitar 27 km sebelah utara barat laut datri Buffalo, New York dan sekitar 120 kmdari Toronto. Niagara adalah nama kelompok dari tiga air terjun. Ketiga air terjun tersebut adalah air terjun Horseshoe (terkadang disebut sebagai air terjun Kanada), air terjun Amerika, dan yang lebih kecil yakni air terjun Bridal Veil yang dipisahkn oleh sebuah pulau Luna Island dari air terjun utama.

Walaupun tidak terlalu tinggi, Niagara adalah air terjun yang lebar dan sangat populer karena keindahannya. Lebih dari 6 juta kubik air dijatuhkan per menit sehingga dinobatkan sebagai air terjun paling kuat di dunia. Intestitas suaranya juga sangat tinggi, bahkan jika 20 pesawat supersonic lewat di atasnya, maka tidak akan terdengar.

Niagara pernah beku lho, yaitu pada tenggal 29 Maret 1948. Saat itu, turis yang sedang mengunjungi Niagara dikejutkan oleh berhentinya aliran air terjun raksasa itu. Apa yang membuat Niagara mengering? Angin kencang dan bongkahan besar es rupanya telah memblokir aliran Danai Erie yang menjadi sumber air terjun Niagara, sehingga air terjun tersebut menjadi “lenyap”. Kira-kira tiga puluh jam setelah Niagara berhenti mengalir, bongkahan es tadi pecah, dan selanjutnya aliran kencang air kembali mengalir, dan air terjun Niagara kembali menggemuruh, hingga saat ini.


Bagi para pengunjung yang ingin melihat keindahan Niagara dari atas, dapat menggunakan fasilitas helikopter dengan membayar 50 USD. Keindahan yang paling menarik adalh gemruh air terjun yang jatuh ke bawah sehingga butiran airnya dapat membasahi turis yang berada di pagar pembatas. jika mau melihat secara detil, anda dapat menggunakan tetopong degan membayar 25 USD.


Bila kurang puas juga, Anda bisa mendekati air terjun dengan menggunakan kapal angkut bernama Maid of the Mist (Perawan Halimun). Hanya dengan membayar tiket US$ 12, Anda akan memasuki jembatan raksasa yang sampai ke sebuah menara berisi dua lift. Dari sini, Anda akan dibawa amblas ke bumi sedalam 55 meter. Lalu seorang penjaga memberi jas hujan warna biru, dan menyilakan Anda menuju kapal. Perjalanan selama 15 menit itu terasa berjam-jam, karena kapal senantiasa bergoyang hebat, dihantam ombak Sungai Niagara.

1 komentar:

  1. Assalamu'alaikum.
    bagus nih artikelnya..
    tambah teruss...

    BalasHapus