Jumat, 12 Juni 2009

Angin Tornado



Kali ini, saya akan membicarakan tentang angin. Bukan angin biasa tapi adalah angin tornado yang bisa dikatakan bencana jika dia datang. Walaupun angin ini masih kurang berbahaya dari angin kentut, tak ada salahnya saya membeberkan fakta angin tornado.

Tornado adalah kolom udara yang berputar kencang dan membentuk hubungan udara dengan awan cumulonimbus atau dalam kejadian langka dari dasar awan cumulus dengan permukaan tanah. Bentuk tornado umumnya seperti corong dengan ujung menyempit di bawah walaupun sering muncul dalam bentuk lain.


Tornado disebabkan oleh adanya pertemuan arus angin, misalnya angin dari utara bertemu di suatu titik dengan angin dari selatan. Karena kedua angin mempunyai kekuatan yang sama, maka angin yang bertemu didorong oleh angin yang di belakang sehingga membentuk suatu putaran.


Tornado yang lemah umumnya mencakup 88% seluruh kejadian tornado di dunia. Tornado dikatakan lemah jika memiliki kekuatan angin kurang dari 112 mph. Kejadiannya pun relatif singkat sekitar 10 menit walau kadang bisa lebih. Tornado ini berskala F0-F1 dan mengakibatkan 5% kematian dari seluruh kematian yang disebabkan tornado.

Tornado sedang terjadi sekitar 11% dari seluruh kejadian tornado. Tornado ini umunya terjadi sekitar 20 menit dan mengakibatkan 25% kematian dari seluruh kejadian tornado. Ukurannya tidak terlalu besar, kurang dari 10 meter dan berskala F2-F3.

Tornado jenis ini sangat jarang terjadi. Tornado kuat mencakup 1% dari jumlah keseluruhan kejadian tornado. Kecepatan angin lebih dari 205 mph dalam beberapa kejadian kecepatan anginnya mencapai 300 mph. Sekali terjadi tornado ini dapat terjadi cukup lama melebihi 1 jam dan dapat melintasi bermil-mil sebelum menghilang. Walaupun jarang terjadi, kematian yang diakibatkan tornado ini mencapai 70% kematian dari keseluruhan. Skala tornado ini adalah yang paling besar yaitu F4 - F5.





Cukup bisa dibilang bencana kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar