Kamis, 18 Februari 2010

Sir Edmund Hillary, Penakluk Pertama Mount Everest



Tahu kan gunung tertinngi di dunia? Gunung Everest dengan tinggi 8.850 meter adalah gunung yang sangat sulit dijinakkan para pendaki gunung. Nah, Sir Edmund Hillary adalah orang pertama yang mampu berdiri di puncak Everest. Hillary lahir di Auckland, 20 Juli 1919. Dia memulai petualangannya dengan mendaki puncak tertinggi di New Zealand, Aoraki Mount Cook, lalu berlanjut ke pegunungan Alpen, dan akhirnya berhasil menaklukan puncak pegunungan Himalaya. Di Himalaya, dia berhasil mencapai11 puncaknya yang tingginya rata-rata diatas 20 ribu kaki.

Edmund Hillary akhirnya bergabung dengan ekspedisi rekonaisans Everest pada tahun 1951 dan juga pada tahun 1952. Pengalaman pendakian Hillary menarik perhatian Sir John Hunt, seorang pemimpin sebuah ekspedisi yang disponsori oleh Joint Himalayan Committee of the Alpine Club of Great Britain dan the Royal Geographic Society untuk mengajak Hillary ikut dalam ekspedisi menaklukkan Everest pada tahun 1953.

Ekspedisi ini mencapai puncak selatan pada bulan Mei. Tapi semua pendaki terpaksa pulang karena kelelahan akibat tekanan udara yang tinggi. Semua, kecuali dua orang yang terus melajutkan perjalanan, yaitu Hillary dan Tenzing Norgay, seorang pendaki asli Nepal.


Hillary menceritakan bahwa salah satu yang membuatnya berbeda dengan para pendaki lainnya adalah ia mengaku telah mengatasi “psychological barrier” atau penghalang psikologi dimana tidak ada seorangpun yang tahu apakah secara manusia mungkin untuk mencapai puncak Everest. “ Jadi ada perasaan terus-menerus apakah ini tidak sedikit memaksakan untuk melampaui kapasitas manusia? Tetapi karena motivasi yang kuat, Anda terus bertahan dan semua nampak baik-baik saja dan Anda terus berjuang. Itulah yang kami lakukan, dan akhirnya sampailah kami ke puncak.”

Pengalaman sampai di puncak tertinggi di dunia bagi Hillary dan Tenzing lebih merupakan suatu perasaan kepuasan yang luar biasa. Mereka telah melakukan begitu banyak ekspedisi yang berat dan tidak semuanya berhasil, tetapi akhirnya mereka sampai juga ke puncak. Baginya hal itu sangat menakjubkan, ketika mereka mencapai titik dimana orang gagal mencapainya sebelumnya.

Maka, pada pukul 11:30 pagi, tanggal 29 Mei, 1953, Edmund Hillary and Tenzing Norgay mencapai puncak yang tertinggi, yaitu pada ketinggian 29,028 kaki di atas permukaan laut, titik tertinggi di bumi. Yang lebih menakjubkan lagi adalah bahwa sama halnya dengan sulitnya mendaki hingga puncak, maka perjalanan turun dari gunung juga bukan hal yang mudah.

Tidak kebetulan, keberhasilan menaklukkan puncak Everest diumumkan kepada masyarakat Inggris jatuh bersamaan dengan dilantiknya Ratu Elizabeth II naik ke takhta. Naik takhtanya sang ratu yang muda serta keberhasilan mencapai puncak Everest berpengaruh besar dalam memulihkan keyakinan diri bangsa ini menjalani tahun-tahun penderitaan yang panjang karena perang dan kondisi kekurangan setelah perang. Edmund Hillary kembali ke Inggris dan bersama para pendaki lainnya mereka dianugerahi gelar bangsawan oleh Ratu.

Sir Edmund Hillary meninggal pada 11 Januari 2008 akibat mengalami serangan jatung di rumah sakit Auckland.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar