Kamis, 11 Februari 2010

Bagaimana Pesawat Bisa Terbang?


Anak : Ma, kenapa sih pesawat bisa terbang?
Mama : Karena ada mesinnya

uuuhhh, itu jawaban jelek banget. Jangan lagi jawab model yang kek gitu. Begini penjelasan sebenarnya:

Ada 4 gaya yang mempengaruhi terbangnya pesawat, gaya angkat, gaya hambat, gaya berat dan gaya dorong. Gaya dorong pesawat kedepan didapat dari baling-baling yang berputar pada ujung pesawat . Sedangkan gaya hambat merupakan pergesekan pesawat udara dengan angin. Karena pesawat udara mempunyai massa, maka gaya grafitasi akan membawa pesawat kebawah, untuk itulah gaya angkat diperlukan. Gaya angkat dihasilkan dari sayap pesawat udara.

Sayap pesawat udara ini yang memegang peranan kunci untuk mengkat badan pesawat. Penampang sayap ini biasanya disebut " aerofoil" Selama penerbangan udara mengalir ke atas dan bawah sayap. Udara yang megalir diatas sayap lebih cepat dari udara yang mengalir dibawah sayap, sehingga tekanan udara diatas pesawat lebih rendah. Di saat yang bersamaan udara di bawah sayap dibelokkan ke bawah. Saat itulah pesawat terangkat ke atas.

Masih bingung? Intinya saat pesawat terbang tekanan di atas pesawat lebih rendah daripada yang dibawah sehingga pesawat naik ke atas karena dorongan udara ke atas.

Jadi? Udah bisa jawab dengan keren?
Anak : Ma, kenapa sih pesawat bisa terbang?
Mama : Karena tekanan udara atas lebih rendah dari udara bawah nak
Anak : Ngomong apa sih?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar