Selasa, 16 Februari 2010

Bruce Lee



Bruce Lee adalah salah satu tokoh bela diri dunia yang sangat terkenal dulu. Walaupun sekarang dia sudah tak ada, namanya masih banyak dibicarakan. Bahkan beberapa orang sering meniru gayanya yang khas itu. Bruce Lee lahir di San Francisco, Amerika, tanggal 27 November 1940, tapi besar di Hongkong. Kabarnya gerakan Lee sangat cepat sehingga mustahil terlihat jika tidak diperlambat gerakannya.

Tinggi badan 5 setengah kaki dengan berat 135 pon. Menciptakan seni beladiri JKD (jeet kune do) yang di dapat dari penelitiannya berdasarkan ilmu fisika Newton dan teknik serta prinsip olah raga anggar dan tinju ala Barat, prinsip seni bela diri ini adalah menahan serangan kepalan tangan atau kaki. "Seranganmu memberikanku kesempatan untuk menahanmu", kata Bruce Lee. Murid-muridnya antara lain adalah Kareem Abdul Jabar (Pemain Basket yang menjadi legenda) dan Chuck Norris (Aktor).


Lee yang pernah masuk dalam 100 Most Important People of the Century versi majalah TIME itu berakhir dengan kematiannya yang masih penuh dengan tanda tanya. Suami Linda Lee itu meninggal di Hong Kong, saat dalam penyiapan film Game of Death, saat itu umurnya 32 tahun. Awalnya kematianya menjadi misteri. Ada yang mengataka bahwa dia meninggal akibat narkoba, ada juga yang mengatakan dia mengalami kecelakaan dalam adegan tembak-menembak (pelurunya ternyata asli). Tapi semua dijelaskan oleh mantan produser film Lee, Raymond Chow, murni karena kecelakaan akibat salah minum obat.

Menurut pengetahuan Chow, Lee meninggal dunia secara tiba-tiba pada usia karena dia mengkonsumsi obat sakit kepala yang salah. Kematiannya di rumah aktris Hong Kong, Betty Ting Pei, pada tahun 1973 silam karena edema atau pembengkakan di otaknya, membuat orang berspekulasi negatif.

Hingga pada akhirnya santer beredar isu miring bahwa Lee meninggal karena pengaruh narkoba yang meracuninya, dan dia juga dikabarkan memiliki hubungan gelap dengan Ting. Tetapi Chow membantah semua tuduhan itu. Menurutnya, Lee meninggal tiba-tiba karena meminum obat sakit kepala yang mengandung unsur equigesic, dimana Lee sangat sensitif terhadap bahan kimia itu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar