Kamis, 04 Februari 2010

Manga Slam Dunk


Slam Dunk (スラムダンク) adalah sebuah manga sepanjang 31 jilid yang dikarang oleh Takehiko Inoue tentang sebuah tim bola basket dari SMA Shōhoku. Manga ini sangat populer di Jepang - banyak remaja di sana mulai bermain basket setelah membaca komik ini.

Slam Dunk muncul pertama kalinya dalam majalah manga Weekly Shonen Jump. Di Jepang, komiknya diterbitkan oleh Shueisha dari tahun 1990 hinga 1996, sementara di Indonesia diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Sebelum diterbitkan Elex, komik ini pernah pula diterbitkan oleh Rajawali Grafiti, meskipun kemungkinan besar tanpa lisensi resmi. Anime berdurasi 101 episode kemudian diproduksi oleh TV Asahi dan Toei Animation dan diikuti oleh 4 film animasi layar lebar.

Cerita ini bermula dari seorang anak kelas satu di SMU Shohoku bernama Hanamichi Sakuragi, yang sebelumnya sudah ditolak 50 cewek, jatuh cinta pada Haruko Akagi. Sakuragi pun memutuskan masuk klub basket agar dapat menarik hati Haruko. Sialnya, Haruko sendiri telah menaruh hati pada Kaede Rukawa, jagoan basket yang banyak penggemarnya. Akhirnya Sakuragi selalu bersaing dengan Rukawa.

Tim Shohoku dipimpin oleh Kapten Takenori Akagi, yang juga merupakan kakak Haruko. Akagi-lah yang mengajarkan dasar-dasar basket pada Sakuragi. Sakuragi yang punya sifat selalu ingin pamer dan membuat kerusuhan perlahan-lahan berhasil menjadi pemain basket sesungguhnya, walaupun tetap saja sifat jeleknya tidak hilang. Bergabungnya kembali guard lincah yang sempat Diopname, Ryota Miyagi, dan shooting guard mantan MVP, Hisashi Mitsui, membuat Shohoku makin kuat dan mencapai turnamen Interhigh.

Setelah berhasil mengalahkan Toyotama di babak pertama, mereka bertemu sang juara bertahan Sannoh Kogyo di babak kedua. Pertarungan sengit terjadi disini. Sannoh yang sempat memimpin 20 poin berkat tiga pemain handalnya yaitu Sawakita, Fukatsu, dan Kawata, berhasil dikejar Shohoku. Saat itulah punggung Sakuragi cedera karena jatuh. Tapi dia tetap semangat dan terus melanjutkan pertandingan. Malah, Sakuragi menjadi penentu pertandingan itu. Kerjasamanya denan musuh bebuyutannya, Rukawa, membuat Shohoku menundukkan Sannoh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar