Minggu, 14 Februari 2010

3 Olahragawan Terbesar Dunia (Menurut Saya)

1. Muhammad Ali (Tinju)
Dalam dunia tinju, semua sepakat kalau Muhammad Ali adalah yang terhebat dalam sejarah. Dia terlahir dengan nama Cassius Marcellus Clay Jr di Kentucky, AS. Awal dia menjadi petinju sangat unik, Clay Jr melapor kepada polisi bernama Joe Martin kalau sepedanya dicuri. Joe lantas mengajarkan tinju pada Clay agar bisa menghajar pencuri itu. Clay berlatih dengan antusias.

Gelar pertamanya diraih di Olimpiade Roma tahun 1960 ketika berhasil meraih medali emas kelas ringan. Debutnya di profesional, dia berhasil menang angka selama 6 ronde melawan Tunney Hunsaker. Akhirnya dia meraih gelar juara dunia pada tahun 1964 setelah menang TKO di ronde ke 7 dari 15 yang direncanakan atas Sonny Liston. Setelah itu, dia berganti nama menjadi Muhammad Ali. Sempat dilakukan pertadingan ulang, tapi Liston lagi-lagi roboh dan pukulan Ali yang menjatuhkannya dikatakan sangat cepat sapai dijuluki Phantom Punch.

2. Michael Schumacher (Balap Mobil)
Schumacher lahir di Hurth-Hermulheim, Jerman, pada tanggal 3 Januari 1969. Schumacher mulai karir balapnya pada umur 7 tahun. Schumi akhirnya berhasil mendapatkan SIM balapan dari Jerman setelah ia memenangi Kejuaraan Kart Junior Jerman. Ia lantas bergabung dengan Eurokart yang dimiliki Adolf Neubert tahun 1985. Pada 1986, Schumi memenangi dua kejuaraan gokart sekaligus, yaitu Kejuaraan Nasional Jerman, dan Kejuaraan Gokart Eropa. Schumi bertahan di ajang gokart sampai akhir tahun 1987.

Pada Agustus 1991, Schumi memulai karirnya di F1 dengan mengikuti GP Belgia pada tim Jordan, menggantikan Bertrand Gachot yang sedang terkena hukuman dari kepolisian. Dia gagal menyelasaikan balapan karena kerusakan pada kopling di akhir lap pertama. Dia menjadi juara pertama kali pada tahun 1994 bersama Mild Seven Benetton Ford, setelah saingan terberatnya, Ayrton Senna, mengalami kecelakaan dan tewas di GP San Marino. Total dia meraih tujuh kali gelar juara dunia, 5 kali bersama Ferrari.

3. Pele (Sepakbola)
Edison Arantes do Nascimento atau lebih dikenal sebagai Pele lahir pada 23 Oktober 1940. Dia sama seperti anak brazil yang lain, mencari makan lewat sepakbola. Itu juga yang membuatnya selalu berusaha keras. Debut profesinalnya dimulai di klub Santos, 7 September 1956 melawan Corinthias dan mencetak satu gol. Di Santos juga dia mencetak gol ke-1000 yang dilakukan dari titik penalti saat berhadapaan dengan Vasco da Gama.

Umur 17 tahun, Pele sudah dipanggil untuk membela tim nasional Brazil dalam Piala Dunia Swedia tahun 1958. Dia mencetak dua gol di final saat Brazil mengalahkan tuan rumah Swedia dengan skor 5-2. Gol itu membuat Pele menjadi pencetak gol termuda di final Piala Dunia. Saat Brazil juara di tahun 1962, Pele mengalami cedera sehingga tak bisa ikut berpartisipasi. Tapi tahun 1970, Pele mengangkat Piala Dunia lagi, kali ini sebagai kapten. Dia dianggap legenda terbesar sepakbola, sebanding dengan Maradona.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar