Senin, 22 Maret 2010

Mark Zuckerberg dan Facebook


Facebook hadir dimana-mana. Rasanya sekarang hidup tak bisa dipisahkan melalui Facebook. Siapa sangka pembuat situs jejaring sosial yang paling digemari di dunia ini adalah seorang pemuda berumur 25 tahun yang di drop-out dari Harvard?

Mark Zuckerberg membuat Facebook di kamar asramanya dan meluncurkannya pertama kali pada 4 Februari 2004. Awalnya Facebook hanya untuk siswa Harvard College, lalu kemudian meluas ke sekolah lain di wilayah Boston. Banyak lagi perguruan tinggi lain yang ditambahkan dalam kurun satu tahun dan merambah ke sekolah tingkat atas dan perusahaan-perusahaan. Akhirnya sejak 11 September 2006, orang yang mempunyai alamat email dapat mendaftar di Facebook.

Tahun 2006, Zuckerberg menolak tawaran Yahoo senilai 1 Miliar Dolar US yang ingin membeli Facebook. Setahun kemudian Microsoft membeli 1,6 persen saham Facebook senilai 240 juta dolar US. Harga Facebook saat ini ditaksir sebesar 15 miliar dolar US! Zuckerberg memiliki 20 persen saham Facebook senilai 3 miliar dolar US. Majalah Forbes memilih Zuckerberg sebagai miliuner "atas usaha sendiri" termuda di dunia.

Zuckerberg juga mendapat gelar "salah satu orang paling berpengaruh pada tahun 2008" versi majalah Time. Pada Forum Ekonomi Davos 2009, Zuckerberg termasuk dalam daftar pemimpin muda karena prestasi dan komitmennya terhadap masyarakat serta berpotensi menyumbangkan ide untuk membentuk tatanan dunia baru.

Facebook menempati urutan ke 6 situs yang paling sering diakses di Indonesia dan ke 5 di Dunia. Zuckerberg kini menempati posisi CEO Facebook.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar