Jumat, 12 Maret 2010

Jelang World Cup 2010 : Kilas Balik World Cup 1938


Masih di kilas balik Piala Dunia, kali ini Piala Dunia 1938 yang diadakan di Prancis. Turnamen ini, 37 negara ikut berpartisipasi, dan akhirya meloloskan 16 negara ke dalam turnamen utama. Italia selaku juara bertahan dan Prancis yang menjadi tuan rumah langsung lolos.

Dalam turnamen ini untuk pertama kalinya negara asia ikut dalam Piala Dunia. Itulah Hindia Belanda, atau tak lain tak bukan Indonesia. Tapi memang saat itu bukan membawa bendera Indonesia, tapi mewakili federasi sepakbola Hindia-Belanda, menggantikan Jepang yang mengundurkan diri. Bagaimana perjalanannya? Langsung kalah di babak pertama dari Hungaria dengan skor telak 6-0.

Italia yang menjadi juara bertahan lolos dari babak pertama setelah mengalahkan Norwegia 2-1. Tuan rumah Prancis juga belum tertahan, mengalahkan Belgia 3-1 dan bertemu Italia di 8 besar. Austria mengundurkan diri di babak ini, sehingga Swedia dinyatakan menang. Tim lain yang melaju adalah Brazil, Cekoslowakia, Kuba, dan Swiss.

Prancis akhirnya tersingkir di rumah sendiri oleh Italia. Italia menang 3-1dan akan bertemu Brazil di semifinal yang mengalahkan Cekoslowakia di pertandingan ulangan dengan skor 2-1 stetlah sebelumnya bermain imbang1-1. Semifinal lain mempertemukan Hungaria dengan Swedia.

Di semifinal, Italia berhasil menang 2-1 atas Brazil, dan Hungaria membantai Swedia 5-1. Italia akhirnya berhasil menjadi negara pertama yang mempertahankan Piala Dunia setelah 2 gol Gino Colaussi dan 2 gol Silvio Piola mambawa Italia menang 4-2 atas Hungaria. Juara ketiga diraih Brazil yang mengalahkan Swedia 4-2. Brazil juga membawa penghargaan hiburan lainnya setelah pemainnya, Leonidas, meraih gelar top skorer dengan torehan 7 gol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar