Selasa, 14 Juli 2009

Black Hole





Apa keindahan angkasa luar yang anda sukai? Saya pribadi menyukai black hole. Memang tidak indah sih, tapi tetap saja mempunyai daya tarik tersendiri. Baiklah, saya akan mengupas tentang fenomena black hole.

Black hole terbentuk dari bintang yang akan mati. Biasanya sebelum mati, bintang itu akan meledak dan runtuh kedalam dirinya sendiri sehingga membentuk lubang hitam atau black hole. Kenapa black hole bisa menghisap apa yang ada di dekatnya? karena black hole tak lain adalah sebuah medan magnet. Berjuta tahun kemudian, bintang itu akan benar-benar mati dan menjadi bola yang dingin.


Istilah "lubang hitam" pertama kali digunakan oleh ahli fisika Amerika Serikat, John Archibald Wheeler pada 1968. Wheeler memberi nama demikian karena lubang hitam tidak dapat dilihat, karena cahaya turut tertarik ke dalam nya sehingga kawasan di sekitar nya menjadi gelap. Massa dari lubang hitam terus bertambah dengan cara menangkap semua materi didekatnya. Semua materi tidak bisa lari dari jeratan lubang hitam jika melintas terlalu dekat. Jadi obyek yang tidak bisa menjaga jarak yang aman dari lubang hitam akan tersedot. Berlainan dengan reputasi yang disandangnya saat ini yang menyatakan bahwa lubang hitam dapat menyedot apa saja disekitarnya, lubang hitam tidak dapat menyedot material yang jaraknya sangat jauh dari dirinya. dia hanya bisa menarik materi yang lewat sangat dekat dengannya. Contoh : bayangkan matahari kita menjadi lubang hitam dengan massa yang sama.



Menurut ilmuwan yang bernama Hawking, materi yang diisap black hole masih tersimpan sehingga lubang hitam tidak bisa dipakai untuk menuju jagad lain. Bila seseorang diisap ke lubang hitam, massa dan energinya akan kembali ke jagad raya dalam keadaan terurai. Materi tersebut masih mengandung informasi yang sama, namun dalam bentuk yang tidak dikenali lagi.

Hmmm, Black hole mungkin masih menyimpan misteri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar