Selasa, 21 Juli 2009

Gol Maradona vs Inggris






Jika bicara Diego Maradona, maka akan terpikirkan banyak gol indah yang dibuatnya semasa aktif menjadi pemain bola. Karena itu pula dia dianggap salah satu legenda sepakbola terhebat. Tapi dari sekian banyak gol itu, ada 2 gol yang betul-betul mengesankan, dan keduanya dibuat pada satu pertandingan.



Pada 22 Juni 1986, perempatfinal Piala Dunia Meksiko, Argentina melawan inggris. Stadion Azteca menjadi saksi keajaiban Maradona. Pertandingan itu dimenangkan Argentina dengan skor 2-1, dan Maradona mencetak 2 gol tersebut. Gol pertama sangat kontroversial. Maradona sempat melewati beberapa orang dan mengirim operan. Operan itu kemudian dikembalikan menjadi umpan lambung didepan kiper. Maradona dan kiper Inggris saat itu, Peter Shilton meloncat bersamaan dan Maradona menerima bola itu dengan tangan kirinya. Wasit tidak bisa jelas melihat kejadian itu karena tangan Maradona tersembunyi di belakang kepalanya. Wasuit pun mengesahkan gol itu.


Gol kedua tak kalah fenomenal tapi kali ini bersih dari kecurangan. Maradona melewati 5 orang pemain Inggris sebelum menaklukan Peter Shilton. Gol ini dianggap sebagai gol terindah abad 20. Argentina pun menjadi juara di turnamen itu setelah mengalahkan Jerman Barat 3-2 di final. Piala Dunia 1986 dianggap panggung istimewa bagi Maradona. Belakangan Maradona mengakui bahwa dia menyentuh bolanya dengan tangan.

Saat ini, 2 gol Maradona itu telah ditiru dengan sempurna oleh pemain Barcelona yang juga berasal dari Argentina, Lionel Messi, walaupun Messi tidak melakukannya di Piala dunia. Gol dengan tangan juga sempat dipraktekkan oleh Sergio Aguerro dan Danielle de Rossi. Uniknya, hanya Rossi yang mengakui kesalahannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar