Selasa, 26 Mei 2009

Aoyama Gosho



Siapakah sukses dibalik serial manga terkenal "Detektif Conan"? Tak lain dan tak bukan adalah sang pengarang, Aoyama Gosho. Banyak yang mengetahui manga itu, tapi sedikit sekali orang yang tahu bagaimana sebenarnya orang yang menciptakan tokoh Conan sang detektif cilik. Saya akan sedikit buka-bukaan tentang Aoyama.

Aoyama Gosho lahir pada tanggal 21 Juni 1963 di Tottori dan mempunyai 3 saudara laki-laki. Dia sangat menyenangi Baseball dan menjadi penggemar klub baseball dari Jepang, Tokyo Giant. Bakat menggambar Aoyama sudah terlihat sejak kecil. Pada saat kelas 1 SD, lukisannya yang bernama "Yukiai War" memenangkan kompetisi dan dipajang di Daimaru Departemen Store. Lulus SMA, Aoyama melanjutkan pendidikan di Universitas Nihon Tokyo dan mengambil jurusan seni. Saat itu, ia pernah mengikuti kontes komik dan menang, yang diyakini sebagai batu loncatan Aoyama menjadi salah satu mangaka terkenal. Aoyama menikah dengan Minami Takayama setelah pacaran selama 10 tahun pada tanggal 5 Mei 2005 yang bertepatan dengan ulang tahun Minami. Tapi, mereka cerai karena alasan pribadi pada Desember 2007.


Berikut hasil karya Aoyama Gosho :

1. DETEKTIF CONAN
Tak diragukan lagi, Detektif Conan adalah karya terbesar Aoyama Gosho. Bercerita tenteng detektif terkenal Shinichi Kudo yang diracuni oleh Kawanan Berjubah Hitam sehingga tubuhnya mengecil. Sambil menumpang di rumah pacarnya, Ran Mouri dan membantu dari belakang detektif bodoh Kogoro Mouri, Dia mencari jalan menemukan kawanan yang mengecilkan tubuhnya.
2. YAIBA
Mengisahkan tentang petualangan Samurai muda bernama Yaiba Kurogane. Karya ini memenangkan Shogakukan Manga Award dan dibuat kedalam 51-episode serial anime.
3. MAGIC KAITO
Manga dengan 4 seri (Seri ke-empat dirilis Februari 2007, setelah 13 tahun dari seri ke-tiga), yang mengisahkan tentang petualangan jenaka dari Kaitou Kid, sosok maling santun yang sering mengkombinasikan kemampuan sulapnya dan kemamapuan menyamarnya disetiap perampokan. Walaupun seri manganya tertunda penulisannya, akan tetapi Kaitou Kid ini sering mejeng di cerita Detektif Conan dan bersaing dengan Conan.
4. TELL ME A LIE
Manga ini menceritakan seorang gadis kecil bernama Terumi Arai, yang dapat membaca fikiran orang ketika dia melihat mata orang tersebut.
5. 3rd BASE 4th
Manga yang bercerita tentang Baseball
Masih ada beberapa karya pendek :
· Play it again
· Excalibur
· Santa Claus in the summer
· The detective George's job (Detective Geoge's little little & great operations) atau Tantei Jooji no minimini daisakusen
· Wait a Minute atau Chotto Mattete
· Shonen Sunday 19(talk) show "The wandering red butterfly"
Kita berharap semoga Aoyama mau menulis tentang komik yang saya perkirakan akan meledak di pasaran, yaitu "BOOOMM" dengan bom rakitan di setiap sampulnya yang siap meledak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar