Selasa, 26 Mei 2009

Adolf Hitler


Oke, sekarang saatnya kita belajar sejarah sedikit. Yang mau kubahas kali ini adalah tokoh pemimpin militer yang paling kejam dan berkumis tanggung. Tak lain dan tak bukan adalah Adolf Hitler, pemimpin Nazi asal Jerman kumis Jawa.

Adolf Hitler sebenarnya dilahirkan di Austria, tanggal 20 April 1889 sebagai anak ke-4 dari 6 bersaudara. Ayahnya bernama Alois Hitler (1837–1903), merupakan seorang pegawai kantor bea cukai. Sedangkan ibunya, Klara Pölzl (1860–1907), adalah istri ketiga Alois. Ibunya sangat baik kepadanya. Klara adalah salah satu dari sedikit orang yang benar-benar disayangi oleh Adolf. Klara sangat percaya bahwa anaknya adalah seorang jenius, dan selalu menganggap anaknya normal, walaupun sejak kecil sudah menunjukkan gejala destruktif dan antisosial.


Hitler berpindah pindah dari Braunau am Inn ke Passau, Lambach, Leonding, dan Linz. Hitler kecil merupakan pelajar yang baik pada waktu bersekolah pada sekolah menengah pertama (elementary school). Namun pada kelas enam, tahun pertamanya di sekolah menengah atas (high school), ia gagal dan harus mengulang kelas. Hitler kelak menyatakan bahwa kegagalan itu disebabkan pemberontakan atas ayahnya, yang menginginkan Adolf Hitler mengikutinya berkarir sebagai pegawai bea cukai. Saat itu Hitler lebih tertarik menekuni bidang seni. Pada umur 16 tahun, dia keluar dari sekolah tanpa gelar apapun. Sejak 18 tahun, dia resmi menjadi yatim piatu.


Di Perang Dunia I, Hitler ikut menjadi tentara garis depan Jerman. Perlahan-lahan dia menjadi semacam patriot bagi negaranya. Sewaktu Jerman kalah, Hitler marah dan menyalahkan Pengkhianat Sipil terutama Yahudi. Pada 1921, Hitler ikut berkecimung di dunia politik dengan menjadi pengurus Partai Buruh Jerman. Karena kelihaiannya dalam berpidato, dia dengan cepat menjadi Ketua Partai. Dia lalu mengubah nama Partai Buruh Menjadi Nationalsozialistische Deutsche Arbeiterpartei (NSDAP) atau partai Nazi. Pada masa pemerintahannya sebelum Perang Dunia II. Hitler memerintah dengan menetapkan pemerataan ekonomi, meningkatkan lapangan pekerjaan dan sarana sarana umum serta proyek-proyek umum.
Salah satu sumbangannya dalam dunia otomotif adalah usulannya untuk membuat kenderaan murah yang dijangkau oleh rakyat Jerman yang akhirnya diwujudkan dalam bentuk mobil Volkswagen (VW).Pada Juni 1934, di malam yang dikenali sebagai Malam Pisau Panjang (bahasa Jerman: Nacht der langen Messer) Hitler membunuh semua penentangnya dalam partai Nazi yakni Roehm dan para pemimpin SA (Sturm Abteilungen). Hitler juga menyalahkan komunisme dan Yahudi atas situasi ekonomi yang buruk dan berhasil meraih dukungan militer dengan melaksanakan politik pembangunan peralatan militer Jerman. Dukungan dari kelompok milisia SA yang dipimpin oleh Ernst Röhm yang dikenal dengan “The Brown Shirts” membuat Nazi menjadi kelompok elite dan ditakuti. SA ini adalah cikal-bakalnya tentara SS yang kemudian menjadi pasukan keamanan resmi pada pemerintahan Hitler. Kita melihat disini bahwa Hitler adalah orang yang “well prepared” jauh sebelum mendapat kekuasaan resmi di Jerman. Ini menjadi inspirasi banyak pemimpin politik bahwa harus ada dana dan military back up untuk suksesnya sebuah karir politik.



Setelah berkuasa Hitler memimpin dengan tangan besi. Orang-orang lemah mental, cacat, dan berpenyakit keturunan dikumpulkan dalam ‘pusat sterilisasi’ khusus. Karena dianggap parasit yang mengancam kemurnian rakyat Jerman dan menghambat kemajuan evolusi, maka atas perintah rahasianya, dalam waktu singkat mereka semua dibabat habis. Nazi juga menghimbau Para pemuda yang berambut pirang dan bermata biru yang diyakin ras murni Jerman untuk berhubungan seks tanpa menikah, bahkan Nazi mendirikan tempat khusus yang terdiri dari wanita muda ras Arya yang digunakan untuk ladang seks bagi para pemuda. Anak mereka akan dijadikan tentara masa depan Jerman.



Pada Perang Dunia II, Hitler mengalami kekalahan beruntun dari Soviet dan Sekutu. Tapi, anehnya, Hitler tidak memusingkan kekalahan itu dan tetap membantai Yahudi sampai pemerintahan Hitler benar-benar runtuh. Hitler yang menyadari kejatuhannya sudah dekat kemudian mengawini wanita simpanannya Eva Braun, kemudian bunuh diri bersama-sama pada 30 April 1945. Jasadnya dibakar agar tidak jatuh ke tangan musuh.




Adolf Hitler dan rezim-nya bertanggung jawab atas tewasnya 6juta European Jews, tewasnya 3juta Soviet POW (Prisoners of war), 3juta Polish Catholics, 700ribu Serbians, 2ribu kaum Gipsy Roma, , 80ribu politisi Jerman, 70ribu orang cacat di Jerman 12ribu homosexuals, 2ribu Jehovah's Witnesses. Dan selanjutnya menjadi tokoh utama dalam PD2 yang menewaskan total kurang-lebih 50juta jiwa penduduk dunia.


Walaupun kejam, konon kumis Hitler menjadi trend dan diikuti oleh pelawak Indonesia, Jojon.


1 komentar: