Kamis, 16 September 2010

5 Manga Terbaik (Versi Pribadi)

Number 5 : Doraemon
Bisa dibilang Doraemon adalah komik anak terlaris sepanjang masa (bersama dengan Dragon Ball). Bayangkan saja, sampai sekarang komik ini masih dijual, padahal aslinya udah tamat tahun 1996. Pengarang komik ini, Fujiko F. Fujio meninggal tahun 1996 yang membuat komik ini berhenti.

Komik ini menceritakan tentang Nobita, seorang anak malas dan manja yang didatangi Doraemon, robot kucing dari abad 22. Doraemon datang untuk memperbaiki sifat Nobita agar masa depannya cerah dan tidak membebani keturunannya. Doraemon mempunyai alat-alat ajaib yang ada dalam kantongnya, dan dengan alat-alat itu dia membantu Nobita di kehidupan sehari-harinya. Nobita mempunyai teman bernama Giant dan Suneo yang sering menganggunya, Dekisugi yang sangat pintar, dan Shizuka, cewek yang disukai Nobita. Di masa depan Shizuka menjadi istri Nobita. Ah, untuk apa kuceritakan, kalian pasti sudah tahu.

Bagaimana akhir komik ini? Karena pengarangnya keburu meninggal sebelum akhirnya ditetapkan, maka penggemarnya hanya bisa mengira-ngira saja.

Number 4 : Naruto
Naruto bercerita tentang seorang ninja bernama Naruto yang bercita-cita menjadi Hokage (pemimpin desa Konoha). Setting komik ini adalah dunia dimana para ninja bertebaran kayak nyamuk. Awalnya Naruto dibenci karena tubuhya adalah tempat tersegelnya rubah ekor sembilan yang pernah menghancurkan Konoha. Tapi berkat semangat dan ketekunannya, dia mulai diterima dan akhirnya menjadi tokoh penting dalam penyelamatan Konoha dari kehancuran lagi (Sebenarnya sudah hancur sih, tapi Naruto berhasil mengalahkan musuhnya).

Teman Naruto yang sudah dianggap saudaranya sendiri, Sasuke Uchiha kini menjadi musuh bebuyutannya. Sasuke datang untuk menghancurkan Konoha karena dendam atas Konoha yang memanfaatkan kakaknya untuk menghabisi semua klan Uchiha. Ditambah lagi adanya Tobi (Madara Uchiha) yang juga dendam pada Konoha, membuat masalah makin pelik.

Naruto populer karena dunia dalam komik Naruto sangat unik. Pengarang Naruto, Masashi Kishioto berhasil menggabungkan cerita ninja dengan tema persahabatan. Masalah utama dalam cerita Naruto adalah tentang pertemanan dan dendam, sebenarnya tema ini cukup umum, tapi karena banyaknya jurus ninja yang keren, komik ini wajib dibaca. Sampai sekarang masih belum selesai.

Number 3 : Eyeshield 21
Ini adalah komik olahraga terbaik, sedikit di atas komik Slam Dunk. Eyeshield 21 adalah komik American Football, tema yang sangat jarang dipakai di komik-komik Jepang, apalagi American Football tak terlalu populer di negeri sakura itu.

Cerita ini bermula dari Sena Kobayakawa, seorang murid yang baru masuk di SMA Deimon dipaksa ikut klub American Football SMA itu, Deimon Devil Bats oleh Youichi Hiruma, kapten tim itu yang sangat pintar dan menyeramkan karena kecepatan lari Sena yang mengagumkan. Awalnya Deimon Devil Bats hanyalah tim lemah, tapi setelah banyak lagi yang bergabung, Monta di Receiver, 3 bersaudara di Line dan Taki di Tigh End, mereka berubah menjadi tim super Offensive. Di akhir cerita, mereka berhasil menjuarai Christmas Bowl, kejuaraan American Football terbesar untuk SMA.

Eyeshield 21 menyuguhkan cerita tentang sebuah sekumpulan orang yang berawal dari nol dalam American Football dan berhasil meraih puncak dengan susah payah. Pertandingan dengan tim-tim kuat selalu berakhir dramatis. Makin seru karena komik ini juga penuh dengan komedi, terutama karena anggota Devil Bats bodoh-bodoh dan Hiruma yang sangat licik.

Number 2 : One Piece
One Piece pertama kali muncul tahun 1997 dan sekarang sudah menjadi salah satu manga paling populer di dunia. Komik ini belum selesai sampai sekarang, padahal sudah mencapai jilid 54.

Setting komik One Piece adalah dunia yang dikelilingi oleh banyak bajak laut. Para bajak laut itu mencari One Piece, harta terbesar peninggalan Gold D. Roger sang Raja Bajak Laut yang sudah mati dihukum mati oleh angkatan laut. Salah satunya adalah Luffy yang sejak kecil sudah bercita-cita menjadi bajak laut karena orang yang diidolainya adalah bajak laut terkenal, Shanks si rambut merah. Luffy adalah manusia karet karena buah iblis yang dimakannya saat kecil. Dia lalu membentuk kelompok bajak lautnya sendiri yang dinamakan kelompok topi jerami karena Luffy selalu menggunakan topi jerami. Anak buahnya sampai sekarang adalah Zoro si pendekar pedang, Nami si Navigator, Sanji si Koki, Usopp si Penembak Jitu, Chopper si Dokter, Robin si Arkeolog, Franky si Tukang Kayu dan Brook si Pemusik. Mereka semua adalah orang-orang hebat yang mempunyai tujuan masing-masing.

Salah satu keunggulan One Piece adalah kisah setiap karakter yang diceritakan secara mendalam. Setiap karakter memiliki kisah menyentuh yang berkaitan dengan cita-cita mereka saat menjadi bajak laut. Ditambah humor khas One Piece yang menurutku betul-betul lucu. Komik ini full komedi dan full akan cerita menegangkan. Buah iblis menjadi daya tarik tersendiri, siapa yang memakannya akan mendapat kekuatan unik seperti Luffy yang menjadi manusia karet, tapi konsekuensinya mereka yang memakannya tidak akan bisa berenang. Bagaimanapun, komik ini lebih baik dibaca oleh yang agak dewasa karena sering ada kata kotor ataupun adegan sensual.

Number 1 : Death Note
Kenapa saya menaruh manga ini sebagai nomor satu? Karena hanya di manga ini pahlawan dan penjahat mempunyai penggemar yang sama banyaknya.

Light Yagami adalah anak tampan dan pintar yang selalu mendapat urutan pertama bahkan untuk seluruh sekolah di Jepang. Dia lalu menemukan buku Death Note yang dijatuhkan oleh shinigami (dewa kematian) bernama Ryuk. Dengan Death Note, Light dapat membunuh orang hanya dengan tahu namanya. Light pun berencana membuat dunia baru dengan membunuhi para penjahat agar dunia bisa lebih baik. Light memakai nama Kira dalam menjalankan niatnya itu. Saat itulah muncul L, seorang penyelidik no. 1 dunia yang berusaha menangkap Kira. Mereka pun beradu kepintaran. L berusaha untuk mengetahui siapa Kira, dan Kira berusaha mengetahui nama asli L agar bisa dibunuh. Mereka saling menyerang dengan kepintaran mereka. Light sempat terpojok, tapi dia akhirnya berhasil membunuh L dengan bantuan shinigami walaupun nama asli L tak pernah diketahui.

Kira pun semakin mulus sejak L mati. Tapi lalu muncul lagi dua orang penerus L, yaitu Near dan Mello. Mereka bertiga pun bertarung lagi, kali ini Kira lebih unggul karena pendukungnya semakin banyak. Akhir cerita, Near berhasil membuktikan Light adalah Kira didepan para penyelidik dari Jepang yang selama ini menganggap Light membantu pengejaran Kira. Near nyaris mati, Light hampir berhasil menulis nama aslinya, Nate River, sebelum Matsuda lebih dulu menembaknya. Light pun mati setelah namanya ditulis oleh Ryuk di death note. Mello? Mati juga, nama aslinya Mihael Keehl. Lalu siapa nama asli L, menurut pengarangnya, nama asli L adalah Lucius Lawliet. Itu tak pernah disebutkan dalam komik.

Death Note menyajikan cerita yang sangat unik dan perang kecerdasan yang luar biasa. Light Yagami atau Kira yang sebenarnya tokoh jahat di manga ini, memiliki banyak disukai pembaca karena menurut mereka tujuan Light adalah untuk kebaikan dunia. Banyak juga yang menyayangkan kematian L. Saya pribadi menidolakan L. Bagaimanapun, Death Note yang tamat di volume 12 ini adalah bacaan wajib pagi pengemar cerita detektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar