Minggu, 11 April 2010

Tips Agar Lagu Demo Buatanmu Lolos Seleksi

Banyaknya festival-festival musik indie tentunya menjadi peluang buat band kamu unjuk kebolehan. Namanya festival tentu ada saingannya donk? Nah, agar band kamu bisa lolos terpilih, tentunya kamu mesti punya trik-trik khusus kan? selain lagu band kamu emang bagus tentunya.

Trik khusus yang harus kamu lakukan agar lolos seleksi yang pertama :

1. Siapkan packaging yang menarik (ide kreatifmu). Dengan packaging yang catchy dan menarik, bisa membuat A&R tertarik mengambil dan mendengarkan demo mu.

2. Pilihlah satu lagu dari sederet lagu ciptaan band mu yang kamu nilai bisa menggambarkan karakter dan imej band mu. Karena karakter dan imej merupakan modal awal di mata perusahaan rekaman.

3. Bikinlah lagu dengan aransemen yang sederhana namun memikat. Jangan membuat aransemen terlalu “wah” dan berteknologi tinggi. Karena akan menutupi keindahan alami lagumu.

4. Pastikan bahwa ada satu bagian dari keseluruhan lagu yang menarik dan membuat orang jatuh hati. Entah itu intro, song maupun reff nya.

5. Terpenting jangan lupa sertakan lirik. Karena, lirik dinilai cukup tinggi oleh tim A&R yang mendengarkan demo lagumu.

6. Rekamlah lagumu dengan layak, tidak perlu mencari studio yang mahal. Tidak perlu juga merekam dengan sistem track. It’s okay merekam live, dengan catatan hasilnya rapih dan tidak mengganggu syaraf pendengaran hehehe…

7. Sertakan data pribadi bandmu : foto, kontak, biodata dan segala hal yang berhubungan dengan informasi bandmu. Maksudnya, biar A&R nggak kerepotan cari tau info soal bandu kalau ternyata dia benar-benar tertarik dengan musik yang band kamu buat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar