Rabu, 22 September 2010

9 Pelawak Terbaik Indonesia

Number 9 : Olga SyahputraOh, aku tak peduli banyak yang menyebut dia banci. Olga lucu, itu saja yang membuatku memasukannya ke daftar pelawak-pelawak terbaik ini. Malah sebenarnya gayanya yang khas itu adalah salah satu daya tariknya sebagai pelawak. Dia bisa memainkan peran perempuan ataupun jadi banci dengan sangat bagus. Dan dia sempat terpilih sebagai pelawak terbaik di ajang Panasonic Awards 2009 dan Panasonic Globe Awards 2010, bukti nyata kalau dia bukan sekedar banci kan.

Olga mengawali karier di Lenong Bocah, yang sempat memaksanya untuk menjual kulkas agar bisa berlatih dahulu di sanggar ananda. Ketekunannya berbuah manis. Namanya mulai meroket kala ikut di Extavaganza ABG dan bergabung dalam ceriwis. Kini Olga aktif sebagai presenter di Dahsyat dan Online.

Number 8 : Tora Sudiro
Tora Sudiro adalah alasan paling utama kenapa aku dulu sangat menggemari Extravaganza. Tidak hanya bermodal muka ganteng, dia juga mampu membuat sebuah cerita komedi dengan gayanya yang lucu atau kadang celetukannya yang bikin ngakak abis. Tangannya bertato membuat dia sedikit mirip preman, tapi kalau sudah melawak dia seperti anak kecil yang polos.

Tora lahir 10 Mei 1973. Namanya mulai dikenal sejak bermain dalam film Arisan! Lalu namanya benar-benar melambung sejak bermain di Extravaganza. Dia sempat meraih piala Panasonic Awards sebagai aktor terbaik pada 2005 dan 2006. Tora juga mengembangkan karirnya dalam dunia musik setelah membentuk band bernama The Cash bersama Desta dan Vincent.

Number 7 : Desta & Vincent
Kenapa aku menaruh dua nama disini, karena mereka ini sudah seperti saudara yang sama anehnya. Mereka memang sering melawak dalam satu acara, bahkan sampai ada yang bilang dimana ada Vincent, disana ada Desta, dan sebaliknya. Mereka berdua punya gaya lawak dengan celotehan-celotehan lucu dan suka iseng. Sangat menyegarkan melihat aksi mereka berdua. Tapi belakangan ini mereka mengurus acara masing-masing. Mereka berdua ini aslinya adalah personil dari band Club Eighties. Desta sekarang sibuk di acara musik Derings sedangkan Vincent di acara komedi Ups Salah!

Number 6 : Azis GagapAzis sebenarnya adalah pendatang baru dalam dunia komedi, tapi namanya cepat naik karena gaya lawaknya yang khas, yaitu dia ngomong dengan gagap. Dia pun sekarang dianggap salah satu pelawak papan atas karena aksinya di Opera Van Java. Kini Azis pun sudah mengembangkan sayap menjadi presenter dengan membawa acara Beauty and Azis bersama Rianti. Dia bahkan bernyanyi sekarang, tentu saja dengan gagapnya yang khas itu.

Azis menikah dengan dua kali dan sudah mempunyai tiga anak. Beredar gosip bahwa sekarang dia sedang dekat dengan Nunung yang menjadi lawan mainnya di Opera Van Java (ini sering menjadi lawakan saat mereka berdua bermain di OVJ). Azis dulu awalnya hanya bermain Lenong dari satu kelurahan ke kelurahan lainnya, lalu dia bermain bersama Bagito di sebuah acara di TVRI. Saat itulah dia mengenal Parto. Sempat beberapa kali hanya dipanggil sebagai bintang tamu di OVJ, dia akhirnya menjadi pemain tetap.

Number 5 : Andre TaulanyMenurutku Andre adalah contoh nyata seorang penyanyi yang cukup sukses yang juga sukses menjadi pelawak. Ya, Andre sempat terkenal dengan Band-nya Stinky dengan salah satu lagunya yang populer adalah Mungkinkah. Band ini menelurkan 8 album dan yang terakhir tahun 2007. Dia menikah dengan wanita padang bernama Rien Wartia dan dikaruniai satu anak laki-laki.

Andre mulai terkenal sebagai pelawak sejak main di acara Ngelenong Nyok yang juga diisi pelawak-pelawak kelas atas seperti Bedu, Adul ataupun Deshwita. Dia juga bermain di Lenong.co.id dan Komedi Betawi. Tapi yang mengangkat namanya sebagai pelawak papan atas adalah Opera Van Java. Cowok ganteng ini kini juga mengisi acara komedi lain yaitu Pas Mantab bersama Sule dan Parto. Kini orang lebih mengenal Andre sebagai komedian daripada penyanyi. Salah satu andalan Andre adalah pantun-pantunnya yang jenaka. "Ada bebek digampar Polwan,..." "Cicak kejepit ogah-ogahan,..." "Ikan Betok Mainin Janda,.."

Number 4 : Tukul Arwana
"Kembali ke Laptop!!"Yah, itulah salah satu ciri khas dari Tukul. Membawa acara Bukan Empat Mata benar-benar sudah membawa namanya melambung menjadi pelawak papan atas Indonesia yang dibayar mahal sampai puluhan juta hanya dalam sekali tampil. Mukanya yang memang sudah lucu itu, dengan kumis setengah-setengah gak jelas, bibir yang terlalu maju untuk ukuran normal, dan mata yang sering melotot, ditambah dengan komedinya yang selalu segar dan jenaka, maka cocoklah jika dia dianggap salah satu pelawak terbaik saat ini.

Walaupun begitu, Tukul menjalani banyak rintangan dalam mencapai hidup seperti sekarang. Dia dulu harus menjadi sopir angkot untuk membiayai SMA-nya selain melawak di beberapa tempat. Dia lalu pindah ke Jakarta dan menikah dengan Susiana (yang sekarang namanya menjadi susi similikiti weleh weleh). Untuk menafkahi keluarganya, dia sempat bekerja di Radio SK dan menjadi supir pribadi. Nasibnya membaik sejak membintangi video klip Joshua "Air". Dia lalu menjadi pembawa acara dangdut di TPI, dan akhirnya menjadi presenter fenomenal di Bukan Empat Mata.

Number 3 : PartoParto terlahir dengan nama Edi Supono 49 tahun yang lalu. Bersama kedua rekan penyiar di Radio SK, Akri dan Eko, mereka mendirikan grup lawak tanggal 10 Oktober 1994. Patrio mencapai ketenaran nasional lewat acara Ngelaba di stasiun televisi TPI. Setelah nama mereka populer, masing-masing anggota sering mendapat pekerjaan untuk manggung sendiri-sendiri. Meski demikian, mereka tetap berkomitmen untuk Patrio. Selain sering muncul di acara dengan tema lawak, Parto juga pernah mendukung beberapa sinetron komedi, di antaranya sinetron Oke-Oke Bos. Tahun 2009, bermain di sitkom OKB dan Opera Van Java di Trans 7. Di Opera Van Java berperan sebagai dalang, kasus senjata apinya kadang dijadikan lawakan di OVJ dan dia sering diidentikan dengan Ariel Peterpan.

Salah satu gaya Parto yang populer saat ini adalah tariannya yang seperti orang gila kalau anak-anak OVJ mulai bernyanyi.

Number 2 : Sule
Sule adalah pelawak yang sangat sangat menghibur di setiap dia muncul. Lawakan selalu segar, dan benar-benar bisa membuat orang tertawa terpingkal-pingkal melihat tingkahnya. Siulnya pun terkenal, yaitu "Prikiteeww!!". Sule bisa dibilang pelawak multi-talent, dia jago berakting dan juga menyanyi. Lagu Susis ciptaannya kini sangat populer.

Sule berasal dari grup lawak SOS yang menjuarai API (Audisi Pelawak TPI) di TPI, dan Sule terpilih sebagai pelawak terbaik disitu. Dari situlah namanya mulai dikenal, dan dia mulai muncul di banyak acara. Pelawak dengan nama asli Entis Sutisna akhirnya berkibar sejak bermain di OVJ. Dia dianggap salah satu pelawak yang tak tergantikan di acara itu. Sule juga membintangi acara Awas Ada Sule dan Pas Mantab. Baru-baru ini dia menjadi semacam dalang di acara Opera Anak.

Number 1 : Komeng
Tak diragukan lagi, Komeng adalah pelawak nomor satu Indonesia. Jurus andalannya adalah berpikir cepat dalam berkomedi, rasanya tak ada yang lebih pintar ngeles daripada orang yang satu ini. Kini dia bermain di Wara Wiri bersama Adul. Dalam acara itu terlihat betapa dia sangat iseng sebagai manusia, berkali-kali menjahili Adul.

Dia sempat menjadi penyiar di Radio SK dan Radio Jakarta. Lalu banyak lagi film dan sinetron yang dibintanginya. Yang jelas, tak ada yang bisa menandingi Komeng dalam membuat sebuah lawakan dengan cepat, itulah yang membuatnya menjadi pelawak nomor satu Indonesia. Itulah juga yang membuat dia menjadi pelawak yang masih sangat laris sekarang walaupun sudah lama masuk ke dunia hiburan.

4 komentar:

  1. Yay!hidup Opera Van Java...>_<..
    ini khusus pelawak cowok ya?kok Nunung nggak masuk..
    pokoke sukses terus deh buat OVJ dan PAS mantab!
    para wayang (Sule,Andre,Aziz,&Nunung) dan dalang Parto mmg aslinya kocak euy...
    Opera Van Java!!!
    Yaee....

    BalasHapus
  2. maaf bro... Warkop DKI dikemanakan..??

    BalasHapus
  3. warkop tetap is the best

    BalasHapus
  4. tertawalah sebelum tertawa itu dilarang!

    BalasHapus