Senin, 16 November 2009

Penemu Mie Instan

Pernahkah kita berpikir, setelah kita memakan mie instan, siapa sih sebenarnya penemu mie instan? Dialah Momofuku Ando, yang telah wafat pada ahun 2007 lalu di umur 96 tahun akibat serangan jantung.

Ando merupakan wiraswasta yang lahir di Taiwan saat pendudukan Jepang pada tahun 1910. Awalnya dia mengelola bisnis pakaian jadi di Taipei dan Osaka saat masih menjadi mahasiswa di Universitas Ritsumeikan, Kyoto. Namun Ando akhirnya berkonsentrasi di bisnis makanan dengan mendirikan Nissin. Produk pertama Nissin adalah "Mi Ayam", yang merupakan produk mi instan pertama pada tahun 1958. Produk ciptaan Ando tersebut lahir saat bisnisnya tengah sekarat.


Di tahun 2000, survey yang diadakan di Jepang mendapati bahwa mie instan merupakan temuan yang paling penting abad ini. Diikuti dengan karaoke, bahkan compact disc hanya menempati urutan ke-5. Indonesia mengkonsumsi mie instan cukup banyak, malah melampaui Jepang (mungkin karena jumlah penduduknya. Indonesia mencapai sekitar 15 milyar bungkus, sedangkan Jepang hanya 6 milyar bungkus.

Itu menunjukkan betapa hebatnya ciptaan Pak Momofoku Ando ini!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar