Sabtu, 02 Januari 2010

Eric Cantona

Pertama-tama maafkan diriku yang lama tidak mengisi blog ini. Namanya juga baru jadi mahasiswa, jadi sibuk gitu. Baiklah, kali ini kita akan membahas soal legenda Manchester United dan Prancis, Eric Cantona.

Yup, Eric Cantona memang pemain kelas dunia. Sejak kepindahannya dari Leeds United ke Manchester United pada 1992, namanya makin meggema setelah sebelumnya berhasil membawa Leeds United menjuarai liga Inggris. Bahkan harganya saat itu cukup murah, hanya 1,2 juta pounds, tapi termasuk pembelian terbaik Sir Alex Ferguson . Di musim pertamanya, dia langsung membawa Manhester United menjadi juara. Asal tahu saja, terakhir kali MU menjuarai liga Inggris adalah tahun 1967. Total 4 gelar liga Inggris diberikan pada MU. Para suporter bahkan sampai menjulukinya "The King". Nomor 7 yang dipakainya menjadi nomor keramat di MU dan hanya diberikan kepada pemain yang bertalenta luar biasa seperti David Beckham atau Cristiano Ronaldo.

Salah satu sensasi ya
ng dibuatnya tentu saja tendangan kungfu di pertandingan melawan Crystal Palace pada 25 Januari 1995. Awalnya Cantona dikeluarkan wasit setelah menendang defender lawan, Richard Shaw. Cantona lalu melancarkan tendangan kungfu pada suporter lawan, Matthew Simon yang terus meneriakinya dilanjutkan dengan pukulan. Akibatnya dia skorsing 9 bulan. Setelah come backnya dia mencetak satu assistt dan satu gol lewat penalti. Emang jagoan ya!

Gol spektakuler ke gawang Sunderlan termasuk 10 gol terbaik liga inggri abad ini. Dia melewati 3 orang sebelum memasukkan bola dengan chip. Dia pensiun pada umur 31 tahun dan sempat menjadi pelatih+pemain untuk timnas sepakbola pantai prancis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar